Kamis, 19 April 2012

Boomingnya Bisnis Online

Bisnis online atau jualan online sekarang sedang "Booming" baik melalui website atau blog, Facebook, BlackBerry bahkan twitter.

Saya akan berbagi Tips bagi yang ingin memulai bisnis online. Berikut adalah langkah singkatnya.

1. Siapkan Produk : Tentukan terlebih dahulu produk yang akan dijual. Untuk tahap awal sebaiknya kita harus fokus pada satu produk saja. jika kita terlalu banyak produk yang di jual akan membuat repot mengurus produk sehingga terabaikan soal marketingnya.

2. Media Online : Tentukan media online yang ingin digunakan. Apakah website, FaceBook, Twitter atau BlackBerry. Awalnya saya juga mencoba semuanya, akhirnya sibuk kutak-katik website, FaceBook, Twitter dan BlackBerry, sehingga jadi nggak fokus pada produk yang dijual.
Saya kemudian fokus berjualan melalui website www.fashionjelita.com

Kalau usaha sudah berkembang, semua media online bisa kita pakai dengan "membayar" karyawan yang khusus mengurus semua media online tersebut.

3. Tampilan Produk : berhubung yang kita jual adalah produk melalui media online maka tampilan produk sangat penting sekali. Produk mesti difoto dengan jelas supaya calon pembeli bisa melihat dengan jelas detail produk. Seperti yang saya lakukan untuk foto-foto produk di www.fashionjelita.com

4. Promosi dan Pemasaran : Untuk tahap awal tentu sangat mengandalkan "networking" yang kita miliki. Promosi dan mulut ke mulut. Disini akun twitter dan FaceBook bisa digunakan untuk promosi dengan menulis pada status atau timeline anda. Bagi yang memulai jualan online melalui FaceBook maka update status diiringi dengan upload foto produk merupakan promosi sekaligus jualan.

Apabila produk yang kita tawarkan menarik, maka kekuatan "word of mouth" sangat mendukung sekali.

Mohon maaf dalam tulisan ini saya memberi contoh toko online sendiri www.fashionjelita.com bukan bermaksud narsis, tapi kan lebih baik memberikan tips sesuatu yang sudah kita jalani dan membuahkan hasil.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

Kiki
www.fashionjelita.com

Tidak ada komentar: