Nah, hal-hal apa saja yang perlu anda lakukan saat melakukan riset keyword?
Sangat sederhana, anda hanya perlu dua langkah mudah. Apa saja?
Cari tahu keywords apa yang sering dicari orang saat online.
Masing-masing keyword memiliki jumlah pengunjung yang berbeda-beda. Semakin umum keywords yang anda pilih, maka semakin banyak jumlah pencarinya. Baiknya anda pilih keyword-keyword yang berada di urutan 10 teratas.
Cari keywords yang memiliki nilai kompetisi yang tidak terlalu besar dan juga tidak terlalu kecil.
Keyword yang memililiki pengunjung terbanyak bukanlah keyword terbaik untuk produk anda. Logikanya begini, pengunjung mengetik keyword untuk membeli produk. Semakin banyak orang yang mengetik keyword itu semakin banyak calon pembeli produk yang berhubungan dengan keyword tadi. Setuju? Harusnya, anda memilih keyword tersebut sebagai landasan membuat produk.
Tapi, coba bayangkan, berapa besar orang yang berpikiran sama seperti anda. Orang lain juga ingin membuat produk seperti anda, pasti akan menjadikan keyword tersebut sebagai landasan produk mereka. Nah, kira-kira bagaimana tingkat persaingan untuk produk ini nantinya? Banyak orang yang akan membuat produk yang sama dengan anda. Belum lagi produk-produk yang sudah ada sekarang.
Semakin tinggi jumlah suatu keywords, maka semakin besar tingkat kompetisinya. Begitu pula sebaliknya, jika anda justru memilih keyword yang kurang kompetitif, produk anda justru tak akan pernah laku. Karena benar- benar sepi peminat. Untuk itu, carilah keywords yang memiliki tingkat kompetisi sedang-sedang saja. Tidak terlalu tinggi dan juga tidak terlalu rendah.
Setidaknya carilah keyword yang berada di urutan nomor 3-5. Biasanya, keyword yang berada dalam urutan tersebut memiliki tingkat pengunjung dan pencari yang tidak telampau kompetitif. Sehingga anda mudah memasuki pasar yang ada. Pesaing anda belum banyak dan calon pembeli sudah pasti ada.
Untuk memudahkan riset ini anda bisa menggunakan software “pencari keyword.” Misal, “google keyword search tool.”
Tidak ada komentar: